Mpok, gimana cara bikin passport baru?

Assalamualaikum,

Kabar baek ye semuanye?
Kali ini mpok pake bahasa Indonesia nyampur betawi buat jelasin Cara Membuat Passport Baru Indonesia. Soalnya mpok ngarti banget dah lu semua 'kan sama WNI juga kaya mpok gini.
Yok, mpok buka sesi tanya jawab, berdasarkan pengalaman mpok bikin passport di bulan Oktober - November 2017.
Perjalanan mpok setelah dapat passport adalah keliling Malaysia, Singapura dan Thailand selama 3 minggu dengan modal 1000 RM. Cek aja di halaman blog mpok ini yak!

"Mpok! Anggep aja nama gua Midun yak. Emang passport kudu punya yak?
Kenapa begitu?"
Nah, cakep ini bocah tanyanya, apalagi kalo tampangnya juga mayan dah! Eeeaaa!!!
Iyak lah kalo lu mau ke luar negeri! Sama aja kaya lu punya KTP. Itu bentuk identitas sebagai warga sah di Republik Indonesia. Passport itu juga identitas dan dijadikan bukti otentik sebagai WNI (Warga Negara Indonesia) yang kudu lu bawa kalo lu bepergian di luar negara RI ini.

"Apa untungnya kalo gua punya
passport, mpok?"
Lu dilindungi sepenuhnya sesuai hukum dan ketentuan yang berlaku selama lu di luar negara ini, Dun. Cakep kan? Contoh: temen mpok dipukulin orang dan passport dia dirampas selama di Johor Bahru, Malaysia terus dia kaga terima dan kaga bisa balas pukul. Dia berhak dapat perlindungan dengan datang ke kepolisian setempat dan/atau Konsulat RI di Johor Bahru yang ada di Jalan Tun Abdul Razak (Susur 1) dan Jalan Taat, Bandar Johor Bahru untuk selanjutnya ditindaklanjuti.

"Keren, Mpok! Terus biayanya bikin berapaan?"
Nah, ini nih jurus paling mujarab yang mpok dapet dari pegawai imigrasi 'ada harga, ada kualitas'. Catet ye! Lu kagak usah sok ngirit bayar passport murah isi 24 halaman bayar Rp. 100.000,- ! Lu pasti ditolak dengan alasan 'out of stock'. Passport biasa isi 48 halaman cuma Rp. 300.000,- doank. Seperti yang mpok bilang tadi 'ada harga, ada kualitas'. Mpok bukan pengen jelek-jelekin apalagi hina pemegang paspor biasa yak! Tapi mpok saranin lu ajukan aplikasi passport elektronik (e-passport) aja kaya yang mpok punya. Passport jenis ini ada lempengan chip di sampulnya. Ntar kalo petugas imigrasi mau identifikasi dan verifikasi lu jadi lebih mudah karna ada data lu dalam chip itu. Mpok bayar Rp. 655.000,- tanpa calo, belon masuk ongkos jalan PP sama makan + ngopi (foto kopi maksudnya...!).

"Jenis passport mpok yang mane? Berapa lembar tuh isinye?"
Mpok punya passport biasa warna hijau yee alias ijo dan kudu perpanjang tiap lima tahun. Itu artinye mpok kudu perpanjang tahun 2022. Passport yang umum dimiliki masyarakat umum dan e-passport mpok isi 48 lembar tapi mpok liat sih bukan 48 tapi 44 lembar. Orang halaman 1-2 dipake buat nama mpok yang kepanjangan. 2 halaman terakhir ga masuk hitungan juga.

"Mpok, sebagai pemegang passport Indonesia berapa negara yang boleh kita kunjungin? Pake ijin visa juga ga?"
Setau mpok sih lu bisa kunjungin 56 negara tanpa visa atau kita sebut Visa on Arrival. Tapi kalo cuma ASEAN bebas Visa. Jepang juga lho kalo lu punya e-passport.

"Nah!!! Jadi kagak sabar buruan pengen punya! Gimana cara bikin passport, mpok?"
Semenjak pemerintah kita mencabut kebijakan pembuatan passport secara online dan melarang pengaju mengantri langsung yaitu dengan meniadakan nomor antrian di kantor imigrasi, sistem pengambilan nomor antrian online lah yang dianggap paling adil, efisien dan bebas pungli serta calo. Caranya gampang koq. Pertama, lu download dulu via play store, aplikasi Antrian Paspor. Nanti lu bisa pake untuk daftar dan login banyak akun dalam satu aplikasi itu. Lu juga bisa daftarin keluarga lu buat bikin passport barengan misalnya lu bawa bini sama bocah-bocah bikin passport juga. Setau mpok sih gitu tapi ada batasan jumlah. Gampang itu sih di akalin! Kan lu bisa punya banyak akun. Di beberapa kantor imigrasi kaya di Jakpus dan Jaksel bisa antri pake nomor WhatsApp juga.
Pengalaman mpok pait buat dapetin passport doank. Kalo mpok inget tuh bikin mpok pengen mewek bombay dah!

"Kenapa lagi, mpok?"
Yaa mpok kudu ke tiga kantor imigrasi. 

Pertama ke Jakpus. Najis! Orangnya bejubel, banyak, petugas yang verifikasi data lu juga ga ramah. Mpok cuma pengen minta info doank padahal dan cuma satpam pintu gerbang yang bisa kasi mpok brosur. Sempak banget dah! Karna mpok sakit hati, nomor antrian passport yang udah mpok daftar pake WhatsApp jadi kagak mpok pake. Bodo' amat dah angus! Udah di minta tunggu satu bulan buat nomor antrian dan mpok bakal ketemu muka-muka judes mereka. Emosi jiwa! Amit-amit.

Kedua ke Jakut. Nah, disini lebih sedikit manusiawi lah. Orang banyak bejubel tapi ruangannya tertata rapi, adem pula pake AC dan ga ribut macam Jakpus. Ada 2 orang satpam baek yang bantu mpok dengan info dan formulir. Mereka minta mpok antri untuk tanya info ke bagian verifikasi nomor antrian. Dari dia lah, mpok di minta download aja aplikasi Antrian Paspor. Mpok lakuin detik itu juga. Mpok kagum bener! Betapa mudahnya mengakses ketersediaan layanan di seluruh kantor imigrasi se-Indonesia dan nganga' pas liat jadwal kosong 2 minggu lagi ada di Kantor Imigrasi Bandara Soetta.

Hari H setelah mpok daftar dan dapat email notifikasi 2 minggu lalu, mpok langsung meluncur pake bus Damri dari Rawamangun. Lokasi Kantor Imigrasi Bandara Soetta letaknya ada di seberang terminal 2 keberangkatan internasional. Mpok udah kaga sabar pengen cepet booking pesawat dan pergi ke terminal 2 terus gemblok tas gunung punya mpok buat terbang ke Malaysia. Hahaha pengalaman mpok pertama kali ke luar negeri! Oh iya, tar lu bilang sama sopir Damri turunin lu di pengkolan deket kantor imigrasi yak! Soalnya dia kaga boleh berhenti lama alias nge-tem! Wkwkwkk

Inget ye ape mpok kate. Ajukan e-passport 48 halaman. Lu jangan kaya orang susah soalnya ini passport bakal 5 tahun sama lu (kalo kaga hilang apalagi rusak). Lu dateng kudu pake kemeja/batik/jas rapi dan mpok dandan cakep banget dah dan siap poto close-up. Lu juga kudu sopan. Maksudnye pake sepatu! Inget ye! Jangan sendal jepit apalagi bakiak musholla lu pake. Tinggalin dulu lah di rumah. 

Berkas-berkas asli dan fotokopi lu bawa. Kartu keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah terakhir dan Akta Kelahiran. Ini yang paling ribet nih kalo yang lu punya akta warna biru yang terbit tahun 2016-2017. Soalnya lu kudu minta legalisir ke walikota. Sarap ga tuh? Untungnye mpok punya surat penetapan asli dari kantor pengadilan negeri Jakpus yang ada di jalan bungur besar raya, kemayoran, Jakpus. Fotokopinya aje yang mpok kasi petugas imigrasi. Mpok bawa materai Rp. 6000,- ehh kaga laku. Hahaha
Tapi mpok seneng dah pas sesi foto. Petugasnye cewe semua mana ramah pulak. Ini nih yang mpok seneng! PNS apalagi petugas imigrasi yang menolong dan bukan mengintimidasi WN baik-baik kaya kita gini.

"Lanjut, mpok! Kagak sabar pengen denger happy ending nya!"


Eeeaaa!!!


10 hari kerja alias 14 hari setelah sesi verifikasi data dan poto itu, mpok datang lagi ke kantor imigrasi Soetta sekalian mau pamit ke Kuala Lumpur. Niat mau ngirit ehh malah lupa bawa uang ringgit. Ketinggalan di selipan BH yang mpok simpen dalam lemari. Somplak kan? Tapi mpok tetep bahagia soalnya poto passport mpok cakep bener!!! Makasih banyak yak bapak-ibu petugas imigrasi dan bapak-bapak satpam.

Makasih ye! Udah mau baca "sampah" ini. Semoga bermanfaat buat semuanye!
Aamiin ya Allah!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurus Booking Tiket Pesawat Murah Lewat Skyscanner

Hemat dan Cermat 3 Juta Rupiah, 18 Hari Traveling, 3 Negara