Jurus Booking Tiket Pesawat Murah Lewat Skyscanner

Selepas mandi sore sepulang kerja, dengan sengaja aku mengambil acak kaos di dalam lemari tua peninggalan Bude. Kuala Lumpur dengan latar gambar Menara Petronas. Masih teringat jelas dalam pikiran kaos putih pemberian seseorang yang dulu pernah singgah dalam hati.

Aduhhh... Melow ganas gini sih pikiran mpok.

Assalamu 'alaikum!

He he maapin mpok yak semuanye. Mpok pengen bener dah bikin cerpen berseri tapi belon ada cerita. Jadi nya ngaco gini...!

Di postingan mpok kali ini, mpok mau ngebeberin gimane cara Booking Tiket Pesawat Low Fare untuk berbagai destinasi traveling. Jadi, kagak usah pusing nunggu promo gila-gilaan deh! Keburu ilang napsu jalan-jalannye!

Jadi ceritanye, waktu Agustus 2017 ada event Couchsurfing Indonesia Festival #4 di Jogja. Sekalian ngerayain Agustusan, sekalian juga ngerayain eksistensi Couchsurfing di Indonesia. Singkat kata, mpok jadi punya banyak kenalan temen-temen dari seluruh penjuru Indonesia dan dunia. Couchsurfing Malaysia bawa puluhan anggota hari itu. Kite semuanye bagi-bagi cerita, promosi tempat wisata dan keunikan budaye masing-masing. Ampe akhir acara kite semuanye tetep jalin komunikasi lewat group WhatsApp. Postingan Malaysia muncul hampir tiap hari. Ngeracunin otak mpok doank!

Sampe akhirnye datanglah pesan ke nomor WhatsApp mpok. Lahhh ini kan si abang yang pernah ngobrol waktu acara CSIF #4. Alhasil, kite pake bahasa gado-gado antara inggris, bahasa Indonesia dan melayu. Mpok bilang ke die kalo mpok belon pernah melancong ke luar negeri dan pengen banget jalan sendirian kaya Riani Djangkaru 'jejak petualang' atau Si Traveler Cantik di tivi. Die ngakak sih tapi yaudeh deh ye, die banyak bantu mpok siapin hal. Ini cuplikan obrolannye:

Mpok: "Bang, butuh kagak sih travel insurance? Saya buka website nih lagi baca-baca tapi saya jadi takut sesuatu terjadi sama saya."

Abang: "Travel insurance itu perlu kalau misalnya seorang traveler itu sakit, kecelakaan atau meninggal dunia, sudah ada yang menjamin. Ada contoh begini, Putri. Kawanku dokter di Malaysia dan sedang hamil. Dia dengan suami jalan-jalan ke Jepang. Sayangnya, dia melahirkan dan komplikasi. Milyaran rupiah dia bayar untuk rumah sakit sampai boleh kembali pulang ke Malaysia."

Mpok: "Innalillahi. Tapi abang liat dululah screenshot web ini. Travel insurance ini beda dengan yang abang bilang tadi."

Abang: "Oh iya betul. Kalau begitu beli saja. Murah sangat."

Mpok: "Tak payah lah bang. Ini hanya ganti rugi bila pesawat terlalu lama delayed, kehilangan bagasi dan asuransi jiwa HANYA selama dalam perjalanan dengan pesawat ini aja."

Lalu, si kodok berubah menjadi pangeran tampan somplak yang doyan nasi uduk semur jengkol. Hahahaha!!!
Ini intermezzo kagak penting banget! Abaikan!

Jadi............... Kelar ngobrol sama si abang tadi, mpok pantengin www.skyscanner.co.id terus cari estimasi harga tiket. Keunggulan mesin pencari ini adalah kita bisa ngebandingin harga tiket pesawat dalam jangka waktu satu bulan dan disajikan dalam tampilan kolom menarik yang mudah dipahami. Kita juga bisa tau dalam jangka waktu setahun itu bulan berapa yang ada harga tiket termurah. Mesin pencari ini juga menyediakan harga hotel dan sewa kendaraan penumpang.

Mpok nemu nih bulan November 2017 dan harga termurah dipastikan hanya AirAsia yang mampu berikan. Kelar di-klik, mpok liat banyak pilihan agent provider dengan variasi harga. Mpok pilih paling atas yang nyediain harga termurah.

Mpok klik lagi, terus Skyscanner langsung antar mpok ke websitenya Airasia.com.
Mpok liat koq harganya masih kemahalan juga.

Mpok inisiatif langsung download aplikasi AirAsia, registrasi keanggotaan, terus atur destinasi sama tanggal spesifik kepergian dan kepulangan. Mpok emang sengaja beli tiket 2 minggu sebelum keberangkatan karna waktu itu mpok masih nunggu kelar passport di imigrasi Soetta. Lagian juga, mpok demen dadakan. Apa-apa serba dadakan. Mau boker aje dadakan juga. Hahaha (boker itu diksi paling umum dipakai untuk merujuk pada defekasi alias bang air besar).

Jrrreeeennnngggg!

Mpok girang bener pas liat ternyata mpok dapat harga Rp. 566.000,- PP Soetta - KLIA2 (udah all-in). Lebih murah Rp. 100.000,-  nih!
Mpok kagak bayar travel insurance (udah mpok bahas ye diatas kenapa mpok ga beli), bagasi (backpacker koq pake bagasi? Kabin aja cukup donk!), makan minum (jalan cuma 2 jam doank koq Jakarta-Kuala Lumpur) dan kursi pilihan (dapat acak aja saat check-in sebelum keberangkatan).

Kelar mpok booking, mpok langsung ke alfamart buat bayar tiketnye. Ehh, mpok dapet hadiah herbafress juga 2 pcs. Buset dah! Rejeki anak sholehah bener ini!

Ada banyak orang khawatir, bakal diminta nomor passport nggak buat booking pesawat ke Malaysia pake AirAsia?

KAGAK!

Nomor passport di input pas kita mau check-in aja. AirAsia udah canggih koq. Kite bisa self-check in lewat HP Android kita. Kelar itu nanti kite dapet barcode buat nanti kite pake nge-print boarding pass kite sendiri. Kagak pake ngantri panjang juga.

Modal uang sih penting tapi yang terpenting adalah bismillah. Doa dan restu orang tua. Semoga selama berangkat, traveling dan pulang kembali ke rumah dengan aman, selamat, lancar, sehat dan barokah. Inget baek-baek tuh!

Tunggu postingan mpok selanjutnye ye! Mpok bakal kasi tau gimana serunya perjalanan mpok dari Kuala Lumpur ke Singapura dan Singapura ke Kuala Lumpur modal uang Rp. 250.000,- doank.

Sampai jumpa!!!

Wasalamu 'alaikum!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mpok, gimana cara bikin passport baru?

Hemat dan Cermat 3 Juta Rupiah, 18 Hari Traveling, 3 Negara